Notif Sosmed di Android Tidak masuk? Ini Solusinya!

00:37


Hampir semua orang mempunyai akun di sosial media. Bahkan ada beberapa orang yang memiliki lebih dari 1 sosial media di smartphonenya, Apakah pernah kejadian saat menunggu notif dari sosmed favorit tidak muncul selama sehari penuh, aneh bukan?. Akan tetapi saat dibuka aplikasi sosmednya ehh notifikasinya baru pada muncul deh. Nah untuk mengatasinya silahkan simak penjelasan berikut ini.


Mengapa notif bisa tidak masuk/muncul?

Hal pertama yang akan kita bahas adalah tentang penyebab mengapa notifikasi sosial media bisa tidak muncul. Sebelum menjawab pertanyaan diatas, kita harus mengerti dulu apa yang di maskud dengan RAM. Seperti halnya pada komputer, pada smartphone android juga memiliki RAM yang berfungsi untuk menyimdata kegiatan yang bersifat sementara. Setiap smartphone android mempunyai kapasitas yang berbeda-beda. Mulai dari berkapasitas 256 mb sampai 6 gb.



Biasanya untuk aplikasi jenis sosial media mempunyai fitur "Push Notification" yang dimana fitur inilah yang membuat ada notifikasi masuk padahal aplikasi sosial media tersebut sudah ditutup. Untuk menjalankan fitur tersebut, aplikasi sosial media itu membutuhkan ruang lebih pada RAM. Jadi secara tidak langusng semakin banyak apliaksi sosial semakin banyak kapasitas RAM yang dipakai. Hal ini tidak akan menjadi masalah serius bagi orang yang mempunyai smartphone android dengan RAM yang minim.


Cara mengatasinya

Setelah penjelasan di atas, maka saatnya penyelesaian masalah. 

Untuk langkah yang paling pertama dilakukan adalah dengan melock aplikasi sosial media yang kita inginkan notifikasinya tetap masuk. Caranya yaitu dengan membuka menu recent apps, lalu pada aplikasi yang ingin kita lock tinggal tahan dan tarik ke bawah. Maka nanti akan muncul ikon gembok. Akan tetapi hal ini hanya bisa dilakukan pada sistem android 5.0 ke atas.



Untuk langkah kedua mungkin beberapa orang sudah paham. Yaitu dengan cara menghapus beberapa aplikasi sosial media yang kurang di anggap penting. Hal ini bertujuan untuk membuat kapasitas RAM pada smartphone kita akan semakin kosong atau lega.

Jika kedua cara tersebut sudah dilakukan dan masih tetap tidak berhasil. Maka saran saya selanjutnya adalah untuk mengganti smartphone android anda dengan model yang spesifikasinya lebih tinggi lagi.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Admin Cashand
AUTHOR
21 September 2017 at 07:24 delete

Biasanya yang ga masuk notifnya bbm nih apakah caranya sama untuk mengatasinya?

Reply
avatar
Mas Proxy
AUTHOR
21 September 2017 at 07:25 delete

Sama gan, usahakan pake fitur lock app. Ane nyobain di xiaomi bisa, awalnya emng g masuk notif bbmnya

Reply
avatar

Penting!!!

Silahkan bagi yang ingin mengcopy atau mencopas postingan saya harap menyantumkan sumber. "Berbagi itu indah"