Penyebab Baterai Android Bocor/Rusak

02:42


    Pernahkah mengecas smartphone android semalaman? akan tetapi waktu dipakai hanya bisa bertahan beberapa lama saja. Kalau hal itu sudah terjadi maka bisa dikatakan bahwa baterai smartphone kamu rusak atau sering disebut bocor. Kebanyakan smartophone android sekarang menggunakan baterai dengan teknologi Lithium Ion dan Lithium Polymer. Semua barang mempunyai waktu jangka pakai, termasuk juga baterai. Pada kali ini saya akan membahas tentang apa saja yang menyebabkan baterai android rusak atau bocor.

Mengecas Semalaman

      Siapa yang tidak ingin disaat bangun tidur smartphone androidnya sudah dalam keadaan full ?. Nah padahal hal ini sangat berpotensi untuk membuat baterai menjadi rusak. Hal ini dikarenakan baterai itu mempunyai kapasitas maksimal, yang mana jika selalu di alirkan daya/di cas maka hal itu akan merusak komponen yang ada di baterai.

       * Pembahasan khusus
       Mungkin dari kalian mengetahui fitur auto cut off charger pada smartphone android keluaran baru. Sama halnya dengan laptop fitur ini berguna untuk memutus aliran listrik apabila baterai sudah dalam keadaan penuh. Hal ini memang sangat berguna untuk mencegah kerusakan apabila kita mengecas dalam waktu yang lama. Akan tetapi pada smartphone android fitur ini akan aktif bila kita mengecas dalam keadaan aktif. Tetapi apasalahnya apabila kita mengurangi bahkan tidak melakukan pengecasan dengan waktu yang lama.


Mengecas Sambil Memainkan Smartphone

      Terkadang ada saja orang yang tidak bisa lepas dari smarphonenya. Sampai-sampai memainkannya pada waktu saat masih di cas. Padahal hal ini sangat berbahaya, baterai yang saat mainkan sambil di cas akan membuat suhu smartphone meningkat drastis. Selain merusak baterai dan komponen handphone, hal ini juga berbahaya bagi tubuh terutama tangan karena panas berlebih smartphone tersebut.


Mencabut Pada Saat masih 99%

      Nah mungkin yang satu ini agak terdengar aneh, akan tetapi hal ini juga termasuk penyebab rusaknya baterai android. Hal ini terjadi apabila kalian sedang mengecas smartphone kalian, waktu indikator baterai masih 99% karena terburu2 lalu mencabutnya. Walaupun hal ini sepele akan tetapi akan menyebabkan baterai tidak bisa penuh alias mentok di 99%. Ini sudah saya buktikan sendiri pada 2 smartphone saya dan hasilnya tidak bisa full di cas dan harus dilakukannya kalibrasi.


Nah itu dia beberapa penyebab dari rusaknya baterai android, walaupun smartphone kita sudah memakai teknologi terbaru, akan tetapi tidak salah apabila kita mencegah hal2 yanh yang dapat merugikan kita nanti. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Penting!!!

Silahkan bagi yang ingin mengcopy atau mencopas postingan saya harap menyantumkan sumber. "Berbagi itu indah"