Mengapa Game Mobile Gratis Selalu Banyak Iklan?

00:11


Sudah menjadi hal yang biasa melihat ada iklan dalam sebuah game mobile, terutama di dalam game gratis. Mungkin dari kalian ada yang bertanya-tanya, megapa sh harus ada iklan?, hampir kebanyakan orang bahkan sampai ada yang memakai aplikasi pihak ke tiga atau mengubah codenya untuk menghapus iklan dari game tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang fenomena satu ini, jadi langsung saja di simak ya.




Kenapa Harus Ada Iklan
Sesuai dengan judul, yang pertama saya bahas adalah mengapa di sebuah game atau aplikasi selalu mengandung iklan?. Jawabannya cukup jelas yaitu untuk mendapatkan penghasilan. Nah penghasilan yang didapat itu biasanya untuk menutup ongkos produksi dan juga untuk mendapatkan keuntungan pastinya. Loh kok mendapatkan untung sh? ya kalau ga dapet untung buat apa dong developer membuat game hehe.



Akan tetapi tidak sedikit developer yang nakal memasang banyak iklan di dalam game atau aplikasi buatanya. Apabila penempatan iklan dilakukan dengan baik, dan tidak sangat mengganggu permainan kita jangan protes akan hal itu.

Sulitnya Memproduksi Sebuah Game
Sedangkan untuk pembuatan dari sebuah game atau aplikasi itu tidak murah loh. Dalam membuat game terutama game dengan skala besar seperti Final Fantasy, Tomb Raider, dan PES itu membutuhkan tim khusus, yang mana tim tersebut dibagi-bagi sesuai dengan bidangnya masing-masing, seperti : tim untuk modeling, tim untuk membuat program game, dan tim untuk membuat soundtrack dan sound effect dari game tersebut. Seperti contoh vidio pembuatan soundtrack dari game Final Fantasy VII.




Bayangkan saja apabila satu soundtrack saja sudah sesulit ini, terlebih lagi didalam game biasanya terdapat lebih dari satu soundtrack. Selain itu pembuatan game juga membutuhkan waktu yang lama, semakin besar proyek game maka semakin banyak orang, dan semakin banyak orang maka akan semakin banyak pengeluaran untuk membayar orang-orang tersebut. Hal inilah yang membuat mengapa harga game original untuk console dan pc mahal, sekitar Rp 500 rb ke atas untuk game besar.


Terlebih lagi dengan zaman sekarang yang sangat marak terjadinya pembajakan, bahkan pembajakan yang sangat tragis (Terbajaknya game Jump Force di beberapa hari sebelum perilisannya) membuat developer game (khususnya mobile) menerapkan prinsip gratis beriklan, serta gratis dengan pembelian item didalamnya di bandingkan dengan memberikan harga pada gamenya tersebut. Contohnya yang terjadi pada game Gangstar Series buatan Gameloft.


Mending Gratis Banyak Iklan atau Bayar Tanpa Iklan?
Nah untuk hal ini mah sesuai dengan prinsip masing-masing. Terkadang ada beberapa developer yang membuat pilihan apabila kita membayar dengan nominal yang telah ditentukan, maka iklan dalam game tersebut hilang seketika. Jika kalian tidak mempunyai uang, maka jangan memaksa untuk menghilangkan iklan pada game tersebut yaa.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Penting!!!

Silahkan bagi yang ingin mengcopy atau mencopas postingan saya harap menyantumkan sumber. "Berbagi itu indah"