Bingung Mengapa Foto di Sosial Media Burem? Begini Alasannya!

10:43
Sosial media sudah merupakan hal yang sangat tidak bisa dipisahkan bagi hampir sebagian orang. Tak jarang banyak orang yang menggunakan sosial media untuk membagikan atau bahkan menyimpan kenangan yang berupa sebuah foto. Mungkin bagi beberapa orang ada yang sudah sadar bahwa setelah mereka membagikan atau menyimpan foto mereka di sosial media, kualitas foto berbeda dengan foto asli. Seperti contoh dibawah ini adalah foto asli dari smarphone saya dan foto yang sudah saya share melalui sosial media LINE.




Ini adalah foto setelah dishare melalui LINE



Ini adalah foto asli

Bisa dilihat dari resolusi foto dan ukuran foto sudah berubah jauh, memang resolusi foto tidak terlalu berpengaruh untuk kualitas foto pada saat dilihat biasa. Akan tetapi apabila pada saat dicetak atau dijadikan wallpaper maka rendahnya kualitas akan terasa sekali. Pada kali ini saya akan memberi tahu alasan mengapa sosial media selalu menurunkan kualitas dari foto yang kita kirim.

1. Menghemat Penyimpanan di Server Mereka
Alasan yang pertama ini menurut saya adalah alasan yang paling utama bagi para pemilik sosial media. Kita tahu bahwa pengguna suatu platform sosial media bukan berasal dari satu kota saja, melainkan dari seluruh dunia. Banyaknya pengguna dan terbatasnya penyimpanan di server platform sosial media menjadi alasan utama mengapa mereka menurunkan kualitas foto pada saat kita mengirim atau menyimpannya. Bayangkan apabila satu foto berukuran 1 MB dan pengguna sosial media ada 1 juta orang, maka sangat besar penyimpanan yang dibutuhkan.

2. Mempercepat Loading
Alasan kedua adalah untuk mempercepat loading aplikasi atau web dari sosial media tersebut. Bayangkan jika kita mengirim sebuah foto kepada sebuah grup.tapi foto tersebut harus loading dulu dengan waktu yang lumayan lama karena ukuran yang lumayan besar. Nah untuk menghindari hal tersebut maka perlu dilakukannya penurunan kualitas suatu foto.

3. Mencakup Lebih Banyak Perangkat dan Pengguna
Alasan ketiga ini menurut saya alasan yang cukup penting. Karena sosial media fungsinya adalah untuk menghubungkan banyak orang, maka tidak semua perangkat yang dimiliki orang-orang adalah perangkat yang memiliki spesifikasi bagus dan koneksi internet yang bagus. Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya lag atau bahkan error para pemilik platform sosial media melakukan hal ini.

Beberapa alternatif apabila ingin mengirim foto ke teman dengan kualitas asli dari foto tersebut.
1. Mengirim dengan menggunakan email, hal ini tidak akan menurunkan kulitas dari foto.
2. Mengupload ke layanan penyimpanan cloud.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan hari ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya..

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Penting!!!

Silahkan bagi yang ingin mengcopy atau mencopas postingan saya harap menyantumkan sumber. "Berbagi itu indah"