Tips Jitu Memilih Laptop Sesuai Kebutuhan Agar Tidak Salah Beli

22:00



Laptop merupakan hal yang sangat tidak asing bagi kehidupan masyarakat dunia. Bentuknya yang portabel menjadikan kelebihan utama dibandingkan komputer desktop. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips untuk memilih laptop sebelum membelinya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, dan disini saya akan membagi sesuai dengan kebutuhan pengunanya, oke mari disimak penjelasan berikut:

1. VGA / Kartu Grafik
Jika salah satu dari kalian ingin membeli laptop untuk keperluan desain, maka pilihlah laptop dengan kartu grafik yang bukan kaleng-kaleng. Sangat diwajibkan untuk memilih kartu grafis yang sudah dedicated dan bukan yang integrated. Maksudnya gimana nh? maksudnya pada setiap laptop memiliki VGA bawaan yang menempel pada CPU, seperti contoh VGA Intel HD series itu merupakan VGA integrated. Sedangkan performa pada VGA tersebut sangat kurang bagus untuk kepentingan desain grafis, di usahakan VGA minimal Nvidia atau AMD series dengan VRAM 1,5 GB.

Untuk kalian yang tujuannya untuk bermain game, maka VGA yang harus dipilih adalah minimal VRAM 2 GB, pada titik minimal ini biasanya hanya bisa memainkan game 2014 kebawah dengan settingan yang disesuikan. Sedangkan untuk kalian yang tujuannya untuk sekedar menjalankan office maka dengan VRAM 1 GB pun sudah sangat cukup.

2. Prosesor
Nah untuk urusan prosesor apabila kalian bertujuan membeli laptop hanya untuk office maka pilihlah merk INTEL maka pilihlah minimal i3 gen 4, atau merk AMD pilihlah minimal A6 series dengan model quad core. Untuk kalian yang tujuannya desain dan gaming maka pilihlah minimal i5 gen 7 atau ryzen 3 untuk AMD. Untuk gaming dan desain disarankan tidak menggunakan prosesor AMD APU series, karena pada seri tersebut prosesor boros daya dan gampang panas.

3. RAM
Untuk RAM apabila kalian hanya bertujuan untuk office dan desain grafis ringan maka minimal 4 GB sudah cukup, sedangkan apabila untuk desain berat maka minimal RAM yang harus dipilih adalah 8 GB.
*Note : RAM yang besar apabila tidak diimbangi dengan prosesor dan VGA yang bagus maka hal itu akan percuma.

5. Ukuran dan Berat
Untuk urusan yang satu ini kadang banyak orang diluaran sana meremehkannya. Apabila kalian memerlukan mobilitas yang tinggi (Seperti kuliah atau sekolah) maka pilihlah laptop dengan ukuran dan berat yang lebih kecil. Untuk saat ini apabila kalian memilih laptop dengan ukuran kecil dan berat yang ringan, kalian harus mengeluarkan budget yang lebih banyak untuk mendapatkan sepesifikasi yang bagus.

6. Sistem Pendinginan
Untuk bagian ini lebih dikhususkan untuk laptop gaming dan desain berat, sistem pendinginan pada laptop sangatlah penting dan harus diperhatikan. Karena apabila laptop sudah overheat maka akan berakibat fatal kepada komponen laptop.

======
Sedikit Tambahan :
1. Untuk yang bertujuan desain grafis pilihlah laptop dengan layar yang sudah IPS, hal ini sangat berpengaruh pada pemilihan warna pada saat mendesain nanti. Karena warna pada layar laptop dengan hasil yang dicetak bisa berbeda apabila layar laptop belum IPS.
2. Untuk kalian yang sudah mengincar suatu model dan merk laptop, biasakan untuk melihat review di youtube atau bahkan menanyakan pada komunitas atau teman anda. Karena ada beberapa model laptop yang menawarkan harga murah dan spesifikasi bagus akan tetapi memiliki kelemahan di bidang tertentu.
3. Untuk kapasitas penyimpanan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
4. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda.
======

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Penting!!!

Silahkan bagi yang ingin mengcopy atau mencopas postingan saya harap menyantumkan sumber. "Berbagi itu indah"