Tips & Trick Dubing Menggunakan Smartphone Agar Hasil Maksimal

23:53
Assalamualaikum..

Pastinya tau kan apa itu dubing? yap istilah awamnya mah rekaman.Biasanya untuk kepentingan kabaret,editing video dan lain-lain.Kalau kita mengikuti standar dubing yg dilakuin oleh pengisi suara film-film terkenal maka budget akan berkata lain.
Nah disini saya akan mengasih beberapa tips menurut pengalaman saya agar mendapatkan hasil yang sangat maksimal dubing menggunakan smartphone.Oke langsung disimak ajah...




1. Gunakan Earphone




Yap yang pertama harus disiapkan yaitu earphone.Mengapa harus memakai earphone ? karena biasanya kualitas mic yang berada di earphone lebih bagus dari pada mic yang ada di smartphone kita (tergantung dari harga earphone-nya).Lebih baik lagi jika menggunakan earphone original bawaan smartphone


2. Perhatikan intonasi

Yang kedua adalah perhatikan intonasi pada saat dubing.Maksudnya apa ? jadi pada saat dubing jangan berbicara terlalu keras.Jangan berangapan jika suara kita keras saat dubing,maka nanti suaranya akan bagus.Menurut saya itu adalah salah,mengapa ? karena jika kita terlalu keras berbicara pada saat dubing akan pecah suara outputnya nanti.So bicara dengan intonasi yang biasa saja.


3. Dubing di tempat yang jauh dari keramaian


Yang satu ini saya rasa hampir semua orang juga sudah paham.Mengapa harus di tempat yang jauh dari keramaian ? karena agar saat proses dubing didapatkan suara yang jernih tanpa ada gangguan dari suara yang lain.Tetapi jangan juga di tempat yang dapat memantulkan suara,nanti hasilnya akan kurang bagus.


5. Gunakan Aplikasi Perekam Suara Bawaan


Selanjutnya adalah pada saat proses dubing gunakan aplikasi bawaan smartphone.Biasanya aplikasi bawaan smartphone itu sudah di setting menyesuaikan dari hardware smartphone tersebut.Jangan lupa jika ada opsi kualitas suara di pengaturan,pilih kualitas paling baik.
Note: Pastikan memori cukup karena jika memilih kualitas paling baik maka ukuran filenya akan jauh lebih besar dari pada sebelumnya


6. Editing

Tips yang terakhr adalah editing.Jika proses dubing sudah selesai maka jika bisa lakukan editing untuk lebih memperhalus lagi suara yang sudah di dubing.

Sekian yang bisa saya sampaikan,mohon maaf jika banyak kesalahan
Wassalamualaikum Wr.Wb

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Penting!!!

Silahkan bagi yang ingin mengcopy atau mencopas postingan saya harap menyantumkan sumber. "Berbagi itu indah"